Jelaskan bukti transaksi koperasi bukti penerimaan kas

 on Minggu, 01 Mei 2016  

Bukti-bukti transaksi koperasi bukti penerimaan kas
Bukti transaksi merupakan dokumen dasar untuk membuat jurnal  dan merupakan bukti bahwa telah terjadi transaksi di koperasi.. Semua bukti transaksi dari bagian pembelian, bagian penjualan, dan bagian lainlain datang ke bagian akuntansi. Bukti-bukti tersebut harus dianalisis kebenarannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyelewenganpenyelewengan. Masing-masing koperasi mempunyai bukti-bukti transaksi yang berbeda dan akan tergantung pada jenis koperasinya. Berikut ini diberikan contoh bukti-bukti transaksi yang ada di unit toko koperasi “Maju Bersama”. Bukti transaksi yang ada di unit toko koperasi “Maju Bersama” sama seperti bukti transaksi yang terjadi di perusahaan dagang lainnya, yang dapat dikelompokkan menjadi:

a. Bukti penerimaan kas
adalah bukti transaksi yang membuktikan bahwa koperasi telah
menerima sejumlah uang tunai atau alat pembayaran yang sama dengan
uang tunai (cek). Bukti penerimaan kas digunakan sebagai tempat
mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan penerimaan uang
tunai . Sumber penerimaan uang tunai antara lain dari:
1. penerimaan simpanan dari anggota koperasi
2. penerimaan dari penjualan tunai
3. penerimaan tagihan dari debitur
4. penerimaan uang dari pihak lain yang merupakan realisasi hak koperasi
5. penerimaan bunga
6. penerimaan berupa uang jasa seperti komisi
7. penerimaan kembali utang karyawan koperasi
8. penerimaan lainnya yang dapat menambah uang tunai koperasi.
Untuk tujuan pengendalian, bukti penerimaan kas dibuat minimal rangkap dua dan masing-masing dibuat dengan warna yang berbeda agar tidak terjadi penyelewengan. Jika bukti dibuat rangkap tiga, maka yang asli untuk pembayar, yang kedua untuk bagian keuangan, dan yang ketiga untuk arsip kasir. Bentuk dari Bukti Penerimaan Kas tergantung pada kebutuhan masing-masing koperasi dengan memperhatikan prinsip pengendalian dan mengarah pada pengelolaan yang profesional. Contoh: Pada tanggal 12 Januari 2007, koperasi simpan pinjam “Berkah”, menerima selembar cek dari Andra senilai Rp 400.000,00 dan uang tunai sejumlah Rp 20.000,00. Pembayaran tersebut terdiri dari angsuran pinjaman Rp 225.000- bunga pinjaman Rp 15.000,00 dan tabungan suka rela Rp 180.000,00. Koperasi simpan pinjam “Berkah” mencatat transaksi di atas ke dalam bukti penerimaan kas seperti diatas.

Jelaskan bukti transaksi koperasi bukti penerimaan kas 4.5 5 b Minggu, 01 Mei 2016 Bukti-bukti transaksi koperasi bukti penerimaan kas Bukti transaksi merupakan dokumen dasar untuk membuat jurnal  dan merupakan bukti bahwa ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.