Jelaskan perhitungan laba kotor diakui secara proporsional dengan penerimaan kas?

 on Minggu, 08 Mei 2016  

Pembatalan Penjualan Angsuran
Dalam penjualan angsuran kadangkala pembeli tidak dapat melunasi angsurannya sehingga terjadi pembatalan penjualan angsuran. Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh penjual adalah:
1. Barang yang sudah dijual dimiliki kembali
Penjual harus menilai kembali barang tersebut. Dalam penilaian kembali harus dipertimbangkan cadangan untuk perbaikan dan laba normal yang diharapkan apabila barang tersebut dijual lagi (nilai realisasi bersih).
2. Piutang penjualan angsuran yang belum dibayar dibatalkan

3. Mencatat laba atau rugi pembatalan penjualan angsuran
Tergantung metode pengakuan laba kotor yang digunakan (laba kotor diakui saat penjualan atau laba kotor diakui secara proporsional dengan penerimaan kas).

Laba Kotor Diakui Saat Penjualan
Pada metode ini laba kotor diakui saat penjualan sehingga saldo piutang penjualan angsuran merupakan beban pokok penjualan yang belum diterima pembayarannya. Jadi selisih antara nilai realisasi bersih atas barang yang diterima kembali dengan saldo piutang penjualan angsuran merupakan laba atau rugi pembatalan penjualan angsuran. Laba Kotor Diakui Secara Proporsional dengan Penerimaan Kas Pada metode ini laba kotor diakui secara proporsional dengan penerimaan kas, sehingga saldo piutang penjualan angsuran terdiri dari laba kotor yang belum direalisasi dan beban pokok penjualan angsuran. Jadi selisih antara nilai realisasi bersih atas barang yang diterima kembali dengan saldo piutang penjualan angsuran dan laba kotor belum direalisasi merupakan laba atau rugi pembatalan penjualan angsuran.





Contoh :
PT Mawar menjual barang dagangannya secara angsuran. Pada tahun
2006 terjadi pembatalan atas penjualan angsuran yang terjadi pada akhir
periode sebelumnya. Informasi penjualan angsuran yang dibatalkan
adalah sebagai berikut:
- Penjualan semula Rp 30.000.000,00
- Beban pokok penjualan angsuran Rp 22.500.000,00
- Tingkat laba kotor 25% dari harga jual
- Piutang penjualan angsuran yang sudah terkumpul Rp 15.000.000,00
- Taksiran nilai realisasi bersih atas harga yang diterima kembali Rp 14.000.000,00
Laba kotor diakui saat penjualan


Jelaskan perhitungan laba kotor diakui secara proporsional dengan penerimaan kas? 4.5 5 b Minggu, 08 Mei 2016 Pembatalan Penjualan Angsuran Dalam penjualan angsuran kadangkala pembeli tidak dapat melunasi angsurannya sehingga terjadi pembatalan penju...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.